PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SD NEGERI KALONGAN 02, DESA KALONGAN, UNGARAN TIMUR

Authors

  • Semion Nuh

Keywords:

Peningkatkan, Profesionalisme Guru

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Sekolah merupakan tempat terjadinya proses belajar mengajar antara guru dan siswa, didalamnya guru menanamkan ilmu kepada peserta siswa dengan cara mengajar dan bahkan berbagi pengalaman guru kepada peserta didik. Pelaksanaan pendidikan terjadi di sekolah sangat dipengaruhi oleh guru dimana  seorang guru dituntut untuk meningkatkan potensi diri untuk menjadi sebagai guru yang profesional. Demikian pula upaya yang dilakukan SDN Kalongan 02 untuk meningkatkan profesionalisme guru untuk menjawab tantangan pendidikan. Penulis merancangkan penelitian dengan subjek penelitian adalah seluruh guru di SD Negeri Kalongan 02 dengan jumlah 20 guru. Adapun cara pengumpulan data dengan teknik wawancara, studi data dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara, studi data dan observasi diperoleh realita bahwa SDN Kalongan 02 mengalami hambatan dalam mengembangkan profesionalisme, yaitu; (1) minimnya biaya pengembangan kompetensi, seperti; pelatihan, seminar, workshop, dll., (2) kekurangan guru khususnya guru mata pelajaran agama Kristen, (3) sarana dan prasarana masih belum memadai. Berdasarkan hambatan-hambatan yang ada, sekolah sedang dan telah melakukan beberapa langkah solutif, yaitu; (1) mendorong guru aktif dalam kegiatan KKG, (2) melatih atau mengembangkan perwakilan guru dan mengikut sertakan dalam kegiatan workshop, bimtek, dll., (3) mendorong guru studi lanjut, (4) supervisi oleh kepala sekolah, (5) menyediakan sarana dan prasarana yang lebih memadai.

References

Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: PT Bumi Akarsa.

Kasan, Tholib. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pramantik, Ida Ayu Dian & Pardjono. 2016. “Profesionalisme Guru Pendidikan Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Akuntabilitas Manjemen Pendidikan, Volume 4, Nomor 1: 88-100. http://juornal. uny.ac.id/index.php/jamp, 8200-22086-1-PB.

Purwanto, Ngalim. 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soetjipto & Raflis Kosasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2012. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara