KUALIFIKASI KEPRIBADIAN GURU AGAMA KRISTEN

Authors

  • Junaydi Alexander Sagala

Keywords:

Guru Kristen, Karakter, Kepribadian

Abstract

Makalah ini dilatarbelakangi dengan adanya diskusi di lapangan terkait mutu pendidikan, terkhususnya pendidikan agama Kristen. Hal pertama yang menjadi isu adalah kurangnya tenaga pengajar di lapangan, sehingga di dapati guru yang beda keyakinan mengajar pelajaran agama Kristen. Hal berikutnya adalah apa yang seharusnya diharapkan terjadi tidak mencapai target. Kemudian pendidikan agama Kristen tidak ada warna tersendiri atau tidak jauh berbeda dengan pelajaran agama-agama lainnya, yang berorientasi pada perbuatan baik saja. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif literatur. Penulis mengumpulkan data-data yang bersumber dari literatur, kemudian disusun dalam sebuah kerangka konseptual. Data yang diperoleh kemudian di-paparkan secara deskriptif sesuai dengan kerangka konsep yang penulis kemukakan. Secara klasifikasi guru PAK maka otomatis guru yang bukan beragama Kristen tidak layak untuk mengajar pelajaran agama Kristen. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa syarat untuk menjadi guru PAK seperti berikut: 1) Pribadi yang telah menerima karunia keselamatan; 2)  Memiliki keteladanan yang searah dengan Firman Tuhan; 3) Bertanggung jawab; 4) Memiliki basik atau skill pengetahuan sebagai guru; dan 5) Menundukkan segala pikiran dan kemampuan pada otoritas Roh Kudus

References

Brill, J Wesley. 2012. Dasar yang Teguh. Bandung: Kalam Hidup.

Darmawan, I Putu Ayub. 2015. Dasar-Dasar Mengajar Di Sekolah Minggu. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson.

Groome, Thomas H. 2011. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Lebar, Lois E. 2006. Education That is Christian, Proses Belajar Mengajar Kristiani Dan Kurikulum Yang Alkitabiah. Malang: Gandum Mas.

Reed, ED., et all. 2013. “Narrative Theology in Religious Education”, British Journal of Religious Education, Vol. 35, No. 3: 297–312.

Sidjabat, B.S. 2011. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Tong, Stephen. 1995a. Arsitek Jiwa. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia.

Tong, Stephen. 2003. Seni Membentuk Karakter Kristen. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia.

Tong, Stephen. 1995b. Arsitek Jiwa II. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia.

Walshe, Karen dan Geoff Teece. 2013. “Understanding ‘Religious Understanding’ In Religious Education”, British Journal of Religious Education, Vol. 35, No. 3: 313–325.

Wilcox, Amanda et al. 2013. “Results From the Quality Early Childhood Training Program”, Journal of Early Childhood Teacher Education, 34:335–349