KONSEP GURU PROFESIONAL DALAM PENDIDIKAN KRISTEN

Authors

  • Yulung Rosi Kurniawati

Keywords:

Konsep Guru, Profesional, Pendidikan, Kristen

Abstract

Guru adalah profesi yang penting dan menuntut profesionalisme. Seorang pendidik harus mengembangkan dirinya dan meningkatkan profesionalisme dirinya sebagai pendidik, kemudian seorang guru harus memilik wawasan, sikap dan keterampilan sebagai warga negara yang berpendidikan tinggi. Demikian halnya bagi pendidik Kristen, harus meningkatkan profesionalitasnya sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Melalui tulisan ini, penulis akan menguraikan konsep guruprofesional dalam pendidikan Kristen. Dijelaskan dalam  tulisan ini tentang apa yang dimaksud dengan guru yang profesional secara umum dan bagaimana konsep seorang guru yang profesional dalam pendidikan Kristen. Melalui tulisan ini, penulis juga menguraikan mengenai ciri seorang guru kristen yang profesinal

References

Darmawan, I Putu Ayub. 2014. “Peran Gereja Dalam Pendidikan Nasional.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Volume I, Nomor 2 (Desember): 205-216.

Eliyanto & Udik Budi Wibowo. 2013. “Pengaruh jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 1: 34-47.

Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: RajawaliPress.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Prince. J.M. 1975. Yesus Guru Agung. Bandung: Lembaga Literatur Baptis.

Sidjabat, B.S. 2011. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup.

Slameto. 2014. “Permasalahan-Permasalahan Terkait Dengan Profesi Guru SD,” Scholaria, Vol. 4, No. 3 (September): 1-12.

Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: RenikaCipta.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen