SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI KALONGAN 02, DESA KALONGAN, KECAMATAN UNGARAN TIMUR

Authors

  • Lindawati Yusak
  • I Putu Ayub Darmawan Sekolah Tinggi Teologi Simpson

Keywords:

Supervisi, Guru, Kepala Sekolah

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap guru agama Kristen. Penulis melakukan identifikasi dan analisis terhadap pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap guru agama Kristen di SD Negeri Kalongan 02. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang deskriptif. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru agama Kristen. Data dikumpulkan dengan mengumpulkan informasi, mengetahui lokasi, dan analisis dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah trianggulasi metodologi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis interaksi. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan data bahwa kepala sekolah melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindakan supervisi. Perencanaan supervisi dilaksanakan, sesuai dengan supervisi kepala sekolah di SD Negeri Kalongan 02, dan pelaksanaan supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah sesuai dengan program yang ada, bahwa supervisi kepala sekolah sudah dilaksanakan dengan baik.  namun evaluasi dan tindakan belum dilaksanakan dengan baik.  Karena evaluasi dan tindakan tidak dilakukan secara rutin

References

Damayanti, Wida. 2016. “Program Supervisi Akademik Pendidikan Menyongsong Program PKG 2016.” Prosiding Seminar Nasional MMP 2016, Membangun Budaya Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Revolusi Mental Guru di Indonesia. Salatiga: FKIP UKSW.

Eliyanto & Udik Budi Wibowo. 2013. “Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 1: 34-47.

Kusumawati, Desi. 2016. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD (Studi Kasus di PAUD Tunas Bangsa Langensari Ungaran).” Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, Volume 32, Nomor 1, (Juni): 41-47.

Moleong, Lexy J., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Purwanto, Ngalim. 2000. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slameto. 2015. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Salatiga: Satya Wacana University Press.

Soetjipto & Raflis Kosasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukendar, Nur Cahya Edi. 2013. “Pengaruh Keterampilan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Sub Rayon 03 Kabupaten Jepara.” Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, (April): 67-84.

Winaryati, Eny., Suyata, & Sumarno. 2013. “Model Evaluasi Dalam Supervisi Pembelajaran IPA Berbasis Lima Domain Sains.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 17, Nomor 2: 241-258

Published

2017-06-19