PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG PSIKOLOGI PERKEMBANGAN TERHADAP PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA GEREJA BAPTIS INDONESIA DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Karnawati Karnawati Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia

Keywords:

Guru Indria, Psikologi Perkembangan, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pemahaman guru-guru sekolah minggu kelas indria tentang psikologi perkembangan anak terhadap pelaksanaan strategi pembelajaran di Gereja-gereja Baptis Indonesia sewilayah Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan ancangan positivis kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil temuan menunjukkan: 1) Ada pengaruh yang cukup kuat antara pemahaman guru-guru sekolah minggu kelas indria tentang psikologi perkembangan anak terhadap penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan usia per-kembangan anak. 2) Guru-guru sekolah minggu kelas indria cukup memiliki pemahaman tentang psikologi perkembangan anak. 3) Guru-guru sekolah minggu kelas indria tidak selalu atau hanya kadang-kadang menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan usia perkembangan anak. Hasil penelitian bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk membuat suatu rencana strategis guna meningkatkan profesionalisme guru sekolah minggu terutama dalam memahami psi-kologi perkembangan anak guna menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak indria

References

Belandino Non-Serrano, Janse. Profesionalisme Guru & Bingkai Materi. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Budiardjo, Tri. 2011. Pelayanan Anak yang Holistik. Yogyakarta: Andi.

Collins, Gerald O’. 2000. Kamus Teologi. Yogyakarta: Kanisius.

Direktori 2010. Semarang: GGBI BPD Semarang, 2010.

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Mussen, Paul Henry, dkk. 1989. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan.

Pazmino, Robert W. 2012. Fondasi Pendidikan Kristen. Bandung: Sekolah Tinggi Teologi Bandung & BPK Gunung Mulia.

Price, J.M. 2011. Yesus Guru Agung. Bandung: LLB.

Sadono, Sentot. 2010. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Semarang: Program Pascasarjana STBI.

Subagyo, Andreas Bambang. 2004. Pengantar Riset Kuantitatif & Kualitatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Published

2017-06-19