FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFESIONALITAS GURU

Authors

  • I Putu Ayub Darmawan Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

Keywords:

Profesionalitas, Kinerja, Pengalaman Mengajar, Supervisi, Motivasi Guru

Abstract

Kinerja guru yang berkualitas merupakan komponen penting dalam keberhasilan pendidikan di Indonesia. Melalui penelitian ini, penulis akan memaparkan apa saja faktor yang mempengaruhi profesionalitas guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi literatur. Proses pemilihan literatur dilakukan dengan dua cara yaitu: (1) mengumpulkan hasil-hasil penelitian yang paling relevan, relevan, dan cukup relevan; (2) mengumpulkan hasil penelitian dan mengklasifikasinya berdasarkan tahun dengan diawali hasil penelitian yang paling muktahir kemudian ke tahun yang lebih lama. Untuk mengetahui apakah sumber pustaka tersebut paling relevan, relevan, dan kurang relevan, penulis melakukan analisis terhadap abstrak dari setiap data literatur yang dikumpulkan. Adapun proses dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kemudian konseptualisasi yang selanjutnay dianalisis dan hasil analisis kemudian dideksipsikan serta disimpulkan. Adapun data literatur yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari jurnal-jurnal ilmiah dan prosiding seminar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal yang memaparkan hasil penelitian. Data yang dikumpulkan ke-mudian dianalisis dengan meta analisis. Profesionalitas guru dipengaruhi oleh (1) Pengalaman Mengajar; (2) Jenjang Pendidikan dan Pelatihan; (3) Lesson Study; (4) Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah; (5) Minat dan Motivasi Guru

References

Annisa, Muhsinah., Hariyati Hamid, dan Kartini. 2016. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman.” Jurnal Widya Laksana, Volume 5, Nomor 2, (Agustus): 81-84.

Benard, Andi Irwan. 2013. “Evaluasi Kompetensi Profesionalisme Guru Geografi SMA Negeri Di Kabupaten Semarang.” Journal of Educational Research and Evaluation, Volume 2, Nomor 1: 32-36.

Dasuki,Achmad. 2010. “Pengembangan Profesionalisme Guru.”Manajerial,Volume 9, Nomor 17, (Juli): 1 - 9

Eliyanto & Udik Budi Wibowo. 2013. “Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 1: 34-47.

Jaya, Surya., Samsudi, & Titi Prihatin. 2015. “Supervisi Akademik Kolaborasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Produktif Sekolah Menengah Ke-juruan.” Educational Management, Volume 4, Nomor 2: 158-167. http://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/eduman, 9859-1-19593-1-10-20160326.

Listyawati, Erna. 2012.“Supervisi Pengajaran Dengan Tindak Lanjut Pembinaan Dialogis Kolegial Untuk Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran IPA Di SMP.” Journal of Primary Educational, Volume 1, Nomor 1: 24-30.

Mahmudi, Ali. 2009. “Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study.” Forum Kependidikan, Volume 28, Nomor 2, (Maret):84-89.

Mardiningsih, Lilik & Djukri. 2015. “Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA SMP Di Kecamatan Sleman Melalui Optimalisasi Kegiatan Lesson Study.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 3, No 2, (September): 213-225. http://journal.uny.ac.id/index.php/ jamp, 6338-18954-1-PB.

Omrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan, Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 2, edisi keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pramantik, Ida Ayu Dian & Pardjono. 2016. “Profesionalisme Guru Pendidikan Khusus Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 4, Nomor 1, (April): 88-100. http://journal.uny.ac.id/index.php/ jamp, 8200-22086-1-PB.

Slameto. 2015. Manajemen Berbasis Sekolah. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Subandowo, M. 2009. “Pengaruh Deferensiasi Motivasi Sosial terhadap Perilaku Profesional Guru.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 16, Nomor 2, (Oktober): 149-161.

Suroso, Slamet., Rusdarti, & Cahyo Budi Utomo. 2015. “Pengaruh Supervisi Akademik, Pendidikan Dan Pelatihan, Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening.” Educational Management, Volume 4, Nomor 2: 144-150. http:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman, 9857-1-19591-1-10-20160326.

Susanto, Agus Tri & Muhyadi. 2016. “Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 4, No 2, (September): 151-163. http://journal.uny. ac.id/index.php/jamp, 8029-27035-1-PB.

Susanto, Hary. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 2, Nomor 2, (Ju-ni): 197-212.

Tedjawati, J.M. 2014. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus Di Kabupaten Bantul.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 17, Nomor 4, (Juli): 480-489.

Wibowo, Doddy Hendro. 2015. “Motivasi Ber-prestasi Dalam Kaitannya Dengan Kinerja Guru.” Scholaria, Vol. 5, No. 3, (September): 65-74

Published

2017-06-19