PENINGKATAN PROFESIONALISME PENDIDIK MELALUI PENELITIAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH

Authors

  • I Nyoman Sudana Degeng Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • I Putu Ayub Darmawan Sekolah Tinggi Teologi Simpson

Keywords:

Profesionalisme pendidik, Penelitian, Publikasi

Abstract

Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik, perlu ada sebuah usaha yang baik. Salah satu permasalahan yang berkaitan dengan profesionalisme pendidik adalah rendahnya pe-nelitian dan publikasi guru maupun dosen. Permasalahan ini terjadi pada pendidikan umumnya di Indonesia. Kemudian pemasalahan yang terkait dengan hal ini adalah ada-nya kebingungan untuk memilih atau menemukan topik-topik penelitian yang menarik dan muktahir. Penelitian dan penulisan karya ilmiah merupakan bagian penting dalam pe-ningkatan profesionalisme guru. Oleh sebab itu melalui artikel ini akan diuraikan bebera-pa topik menarik dan muktahir penelitian dalam bidang pendidikan. Melalui artikel ini penulis menguraikan sembilan topik menarik dan muktahir dalam penelitian pendidikan. Sembilan topik tersebut adalah konsep belajar, konsep mengajar, konsep kurikulum, stan-dar proses, indikator keberhasilan belajar-mengajar, orkestra belajar-mengajar kreatif, mo-del orkestra belajar-mengajar, konteks belajar, dimensi isi.

Author Biographies

I Nyoman Sudana Degeng, Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Profesor Teknologi PendidikanS3 IKIP MalangS2 IKIP MalangS1 IKIP Malang

I Putu Ayub Darmawan, Sekolah Tinggi Teologi Simpson

S2 Manajemen Pendidikan FKIP UKSW, S1 Pendidikan Agama Kristen STT Simpson

References

Degeng, Nyoman S. 2006a. Teori Pembelajaran 2: Terapan. Malang: Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Terbuka.

Degeng, Nyoman S. 2006b. “Orkestra Belajar-Mengajar Kreatif-Inovatif Untuk Menum-buhkan Keterampilan Hidup Menuju Puncak Prestasi,” Makalah dalam Lokakarya di SMP Surabaya, Surabaya, 4 Januari 2006.

Degeng, Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media.

Degeng, Putu Dian D. 2012. “Instructional Orchestra Mediated With Montesory Media For Teaching English Vocabulary For Kindergarten Students,” Educafl, Volume 1, Nomor 1 (May): 28-35.

Hasibuan, J.K. 2016. “Peranan Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Dan Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Diklat,” Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, Volume 5, Nomor 2 (Ju-ni): 84-88.

Nur, Suhaebah. 2014. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali,” Jurnal Pepatuzdu, Volume 8, Nomor 1 (November): 62-81.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Prasetyo, Jonet & Sutriyono. 2013. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Sis-wa Pada Mata Pelajaran Matematika Ke-las VIII Di SMP Negeri 1 Getasan,” Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengem-bangan Pendidikan, Volume 29, Nomor 2 (Desember): 108-119.

Rustaman, Nuryati Y. 2005. “Perkembangan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Pendidikan Sains,” Makalah dalam Seminar Na-sional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia Bekerjasama Dengan FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 22-23 Juli 2005.

Slameto. 2013. “Pengembangan Pengorganisasian Isi Perkuliahan Melalui Model Elaborasi Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum SD Program S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga 2012,” Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, Volume 29, Nomor 1 (Juni): 1-14.

Slameto. 2015. “Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif,” Satya Widya, Volume 31, Nomor 2 (Desember): 102-113.

Sumarwati. 2013. “Soal Cerita Dengan Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekola Dasar,” Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 1, (Juni): 26-36.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Published

2017-06-19